Selasa, 06 Oktober 2015

Tugas IBD Tentang Fenomena Pelayanan Online terhadap Tradisi Opang




Mata Kuliah  :  Ilmu Budaya Dasar
Dosen : Muhammad Burhan Amin

Topik Makalah

Fenomena Pelayanan On Line
Terhadap Tradisi Budaya OPang (Ojek Pangkalan)

 


Kelas  :  1-ID08

Tanggal Penyerahan Makalah : 6 Oktober 2015
Tanggal Upload Makalah  :  7 Oktober 2015



 

P E R N Y A T A A N

Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain.

Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.



P e n y u s u n



N P M
Nama Lengkap
Tanda Tangan
35415911
Titi Hanifatul Karimah










Program Sarjana Teknologi Industri


UNIVERSITAS GUNADARMA



KATA PENGANTAR
Dengan menyebut nama Allah SWT yang maha pengasih lagi maha penyayang, kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah tentang FENOMENA PELAYANAN OJEK ONLINE TERHADAP TRADISI BUDAYA OPANG (OJEK PANGKALAN)
            Makalah ini penulis susun dengan maksimal dan mendapatkan informasi dari berbagai sumber yang akurat sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu penulis menyampaikan banyak terimakasih kepada sumber-sumber yang telah membantu dalam membuat makalah ini
            Dengan ini kami menyadari sepenuhnya bahwa dalam makalah ini banyak kekurangan dari segi penulisan bahasa atau penulisan kalimatnya, oleh karena itu kami sangat menerima kritik dan saran yang membangun dari pembaca untuk memperbaiki makalah ini.
            Semoga makalah FENOMENA PELAYANAN ON LINE
TERHADAP TRADISI BUDAYA OPANG (OJEK PANGKALAN) bisa bermanfaat untuk pebbaca ataupun untuk masyarakat

Bekasi,6 Oktober 2015



Penyusun

DAFTAR ISI
Pernyataan                                                                                                                  i
Kata Pengantar                                                                                                           ii
Daftar Isi                                                                                                                     iii
BAB I Pendahuluan
Latar Belakang                                                                                                              1
Tujuan                                                                                                                           1
Sasaran                                                                                                                        2
BAB II Permasalahan
Kekuatan (strength)                                                                                                      3
Kelemahan (weaknes)                                                                                                  3
Peluang (opportunity)                                                                                                    4
Tantangan / hambatan (threats)                                                                                      4
BAB III kesimpulan dan rekomendasi
Kesimpulan dan rekomendasi                                                                                        5
Refrensi                                                                                                                       6
 

 
 BAB I
PENDAHULUAN
       1.1  Latar Belakang
Pada zaman ini perkembangan teknologi sudah sangat pesat tidak satupun yang luput dari perkembangan teknologi. Apalagi saat ini internet sudah menjadi kebutuhan hidup, seperti rumah sakit, perkantoran, sampai home industri. Selain mudah juga sangat membantu meringankan pekerjaan, walaupun tidak secara langsung namun efeknya sangat terlihat.
      Saat ini dunia transportasi dedang gempar dengan adanya pelayanan ojek online dan sangat di keluhkan oleh ojek pangkalan. Selain pelayanan ojek online sangan mudah, pelayanan ojek online juga terbilang murah. Meurut penumpang pelayanan ojek online, sangat membantu karena tidak perlu jalan dan mencari ojek, seperti ojek pangkalan.
      Pelayanan ojek online juga tidak hanya membantu mengantarkan penumpang dari satu tempat ke tempat lain, pelayanan ojek online juga bisa mengantarkan barang-barang konsumen ke satu tempat ke tempat yang lainya, sangat membantu untuk pelayanan. Semakin hari semakin banyak peminat Pelayanan Ojek Online ini sehingga sangat berpengaaruh terhadap ojek pangkalan.
      Banyak Ojek pangkalan yang mengeluhkan sepi penumpang karna penumpang lebih senang dengan pelayanan ojek online karena banyak keuntungan yang mereka dapatkan, namun banyak ojek pangkalan yang berbuat curang dalam bersaing dan itu pun dikeluhkan oleh ojek online karna banyak teman teman mereka yang jadi korban karena hal tersebut.

1.2 Tujuan
      Untuk mengetahui tentang apa kekurangan dan kelebihan dalam Pelayanan Ojek Online terhadap tradisi budaya OPANG (Ojek Pangkalan)
1.      Untuk mengetahui kekurangan Ojek Online terhadap tradisi budaya OPANG (ojek Pangkalan)
2.      Untuk mengetahui ancaman dari ojek online terhadap budaya OPANG (ojek pangklan)
3.      Untuk mengetahui kelebihan ojek online terhadap budaya OPANG (ojek pangkalan)


1.2  Sasaran
Sasaran di buatnya makalah SWOT tentang Ojek Online terhadap tradisi budaya OPANG (ojek pangkalan) di tunjukan kepada Pembaca untuk menambah wawasan pembaca dan di tunjukan pula kepada Ojek pangkalan.

BAB II  PERMASALAHAN
Analisis permasalahan Fenomena Pelayanan On Line Terhadapa Tradisi Budaya Opang (Ojek Pangkalan) dengan memperhatikan dan mempertimbangkan  kondisi lingkungan internal maupun eksternal dilihat dari aspek :
1.      Kekuatan (Strength)
a.       Ojek Online meimiliki harga yang cukup murah karena sudah ada tarif per km.
b.       Ojek Online sudah tersedia fasilitas, seperti masker dan tutup kepala agar rambut tetap bersih
c.       Ojek Pangkalan mudah ditemukan karena disetiap titik ada ojek pangkalan yang menunggu penumpang, dan penumpang juga tidak perlu menunggu jika ingin segera mendapatkan ojek.
d.       Ojek pangkalan bisa menawarkan harga yang bisa ditawar oleh peumpang jika tidak cocok dengan harganya, karna tidak semua penumpang ingin tarif dasar. Kebanyakan dari penumpang ingin harga yang sesuai dengan jauh atau dekatnya

2.      Kelemahan (Weakness)
a.       Ojek Online sudah meiliki harga yang tetap jadi tidak bisa tawar menawar terlebih dahulu/negosiasi harga dan ojek online sudah mempunya tarif khusus untuk penumpang yang ingin berjarak dekat, jadi harganya sama dengan tarif jauh.
b.       Ojek Online sangat bergantung kepada sinyal dari smartphone, jadi jika sinyal lemah dan tidak bisa membuka aplikasi maka Ojek Online tidak bisa beroperasi atau mendapatkan penumpang.
c.       Ojek Pangkalan hanya menunggu penumpang yang datang dan penumpang juga harus mendatangi Ojek Online. tidak semua orang memiliki waktu untuk berjalan dan mencari ojek pangkalan karena terlalu jauh dan kalaupun dekat mungkin ojek pangkalan sedang mengantarkan penumpang lain.
d.        Ojek pangkalan tidak memiliki fasilitas yang dimiliki oleh oleh ojek Online jadi penumpang lebih memilih ojek online. Karna mereka hanya bermodal yang pas pasan seperti hanya motor saja maka mereka tidak bisa untuk memenuhi fasilitas seperti ojek online.

3.      Peluang (Opportunity)
a.       Peluang untuk mendapatkan penumpang lebih banyak karena sudah ada di setiap titik, ini yang berpengaruh pada pendapatan ojek pangkalan karna mereka hanya menunggu penumpang saja.
b.       Menciptakan lapangan baru untuk ojek pangkalan
c.       Menjadikan ojek online salah satu kebutuhan alternatif saat macet di jam jam sibuk pergi ke kantor atau pulang dari kantor.
d.       Menciptakan lapangan kerja baru untuk pengangguran dengan hanya bermodal motor dan sim C

4.      Tantangan/Hambatan (Threats)
a.    Banyak ojek pangkalan yang melakukan tindakan kriminal karena ojek pangkalan kalah saing dalam usaha
b.    Ojek pangkalan melakukan blok jalan, seperti dilarang mengambil / meniki penumpang  di daerah khusus ojek pangkalan
c.    banyak terjadi kecelakaan karna ojek online mengendarai motor sambil membaca lokasi calon penumpang dan itulah yang menyebabkan pengendara ojek online banyak terjadi kecelakaan di jalan raya.
d.    Semakin banyak ojek online yang baru yang lebih murah, menawarkan fasilitas yang menarik, dan harga yang lebih murah dibandingkan dengan ojek online yang sebelumnya



























BAB III  KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
1. Kesimpulan
a.       ojek online dan ojek pangkalan banyak yang bentrok karna rebutan calon   penumpang.
b.       tidak saling mengganggu perkerjaan ojek satu sama lain.
c.       ojek online lebih berbahaya di jalan raya karena mengendarai sambil membaca smartphone untuk mengetahui calon penumpang.
d.       harus ada pihak yang mengatasi atas ke kisruhan antara ojek online dan ojek pangkalan.



2. Rekomendasi
a.         Sebaiknya di adakan sosialisasi ojek online dan ojek pangkalan agar tsalah satu dari mereka tidak merasa adanya persaingan yang ketat dan kalau perlu ojek pangkalan di berikan masukan agar tidak bertindak semena-mena kepada ojek online karna itu kemauan dari penumpang itu sendiri tanpa paksaan
b.         Ojek online diberikan masukan agar mereka berhenti sejenak untuk mengetahui/membaca alamat calon penumpang agar tidak menimbulkan kecelakaan atau hal yang merugikan dirinya ataupun orang lain terutama penumpang.

Referensi :
1.       Website news.detik/berita/302533/ada-info-temanya-dipukuli-sejumlah-go-jek-datangi-polsek-kebayoran-lama.
2.       Website news.okezone.com/read/2015/08/14/338/11966552/berbagai-ancaman-yang-dialami-ojek-online.
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Kewirausahaan: Business Plan Usaha Bola Ubi Unyu

KEWIRAUSAHAAN ( USAHA DIBIDANG MAKANAN “BOLA UBI UNYU ”) Disusun Oleh : NAMA                     : Titi Hanifatul Karimah ...