Mata Kuliah
: Ilmu Budaya Dasar
Dosen : Muhammad
Burhan Amin
Topik Makalah
Fenomena Pelayanan On Line
Terhadap Tradisi Budaya OPang (Ojek
Pangkalan)
Kelas : 1-ID08
Tanggal
Penyerahan Makalah : 6 Oktober 2015
Tanggal Upload Makalah : 7 Oktober
2015
P E R N Y A T A A N
Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan
dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari
tim / pihak lain.
Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat
nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.
P e n y u s u n
N P M
|
Nama
Lengkap
|
Tanda
Tangan
|
35415911
|
Titi Hanifatul
Karimah
|
|
Program Sarjana Teknologi Industri
UNIVERSITAS GUNADARMA
KATA PENGANTAR
Dengan menyebut nama Allah SWT yang maha
pengasih lagi maha penyayang, kami panjatkan puja dan puji syukur atas
kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kami,
sehingga kami dapat menyelesaikan makalah tentang FENOMENA PELAYANAN OJEK
ONLINE TERHADAP TRADISI BUDAYA OPANG (OJEK PANGKALAN)
Makalah
ini penulis susun dengan maksimal dan mendapatkan informasi dari berbagai
sumber yang akurat sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu
penulis menyampaikan banyak terimakasih kepada sumber-sumber yang telah
membantu dalam membuat makalah ini
Dengan
ini kami menyadari sepenuhnya bahwa dalam makalah ini banyak kekurangan dari
segi penulisan bahasa atau penulisan kalimatnya, oleh karena itu kami sangat
menerima kritik dan saran yang membangun dari pembaca untuk memperbaiki makalah
ini.
Semoga
makalah FENOMENA PELAYANAN ON LINE
TERHADAP TRADISI BUDAYA OPANG (OJEK PANGKALAN)
bisa bermanfaat untuk pebbaca ataupun untuk masyarakat
Bekasi,6 Oktober 2015
Penyusun
DAFTAR ISI
Pernyataan i
Kata Pengantar ii
Daftar Isi iii
BAB I Pendahuluan
Latar
Belakang 1
Tujuan 1
Sasaran
2
BAB II Permasalahan
Kekuatan
(strength)
3
Kelemahan
(weaknes)
3
Peluang
(opportunity)
4
Tantangan
/ hambatan (threats)
4
BAB III kesimpulan dan rekomendasi
Kesimpulan
dan rekomendasi 5
Refrensi 6
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Pada
zaman ini perkembangan teknologi sudah sangat pesat tidak satupun yang luput
dari perkembangan teknologi. Apalagi saat ini internet sudah menjadi kebutuhan
hidup, seperti rumah sakit, perkantoran, sampai home industri. Selain mudah
juga sangat membantu meringankan pekerjaan, walaupun tidak secara langsung
namun efeknya sangat terlihat.
Saat ini dunia transportasi dedang gempar dengan adanya
pelayanan ojek online dan sangat di keluhkan oleh ojek pangkalan. Selain
pelayanan ojek online sangan mudah, pelayanan ojek online juga terbilang murah.
Meurut penumpang pelayanan ojek online, sangat membantu karena tidak perlu
jalan dan mencari ojek, seperti ojek pangkalan.
Pelayanan ojek online juga tidak hanya membantu mengantarkan
penumpang dari satu tempat ke tempat lain, pelayanan ojek online juga bisa
mengantarkan barang-barang konsumen ke satu tempat ke tempat yang lainya,
sangat membantu untuk pelayanan. Semakin hari semakin banyak peminat Pelayanan
Ojek Online ini sehingga sangat berpengaaruh terhadap ojek pangkalan.
Banyak Ojek pangkalan yang mengeluhkan sepi penumpang karna
penumpang lebih senang dengan pelayanan ojek online karena banyak keuntungan
yang mereka dapatkan, namun banyak ojek pangkalan yang berbuat curang dalam
bersaing dan itu pun dikeluhkan oleh ojek online karna banyak teman teman
mereka yang jadi korban karena hal tersebut.
1.2 Tujuan
Untuk
mengetahui tentang apa kekurangan dan kelebihan dalam Pelayanan Ojek Online
terhadap tradisi budaya OPANG (Ojek Pangkalan)
1. Untuk
mengetahui kekurangan Ojek Online terhadap tradisi budaya OPANG (ojek
Pangkalan)
2. Untuk
mengetahui ancaman dari ojek online terhadap budaya OPANG (ojek pangklan)
3. Untuk
mengetahui kelebihan ojek online terhadap budaya OPANG (ojek pangkalan)
1.2 Sasaran
Sasaran
di buatnya makalah SWOT tentang Ojek Online terhadap tradisi budaya OPANG (ojek
pangkalan) di tunjukan kepada Pembaca untuk menambah wawasan pembaca dan di
tunjukan pula kepada Ojek pangkalan.
BAB
II PERMASALAHAN
Analisis permasalahan Fenomena Pelayanan On Line Terhadapa Tradisi
Budaya Opang (Ojek Pangkalan) dengan memperhatikan dan
mempertimbangkan kondisi lingkungan
internal maupun eksternal dilihat dari aspek :
1. Kekuatan
(Strength)
a.
Ojek
Online meimiliki harga yang cukup murah karena sudah ada tarif per km.
b.
Ojek
Online sudah tersedia fasilitas, seperti masker dan tutup kepala agar rambut
tetap bersih
c.
Ojek
Pangkalan mudah ditemukan karena disetiap titik ada ojek pangkalan yang
menunggu penumpang, dan penumpang juga tidak perlu menunggu jika ingin segera
mendapatkan ojek.
d.
Ojek
pangkalan bisa menawarkan harga yang bisa ditawar oleh peumpang jika tidak
cocok dengan harganya, karna tidak semua penumpang ingin tarif dasar.
Kebanyakan dari penumpang ingin harga yang sesuai dengan jauh atau dekatnya
2. Kelemahan
(Weakness)
a.
Ojek
Online sudah meiliki harga yang tetap jadi tidak bisa tawar menawar terlebih
dahulu/negosiasi harga dan ojek online sudah mempunya tarif khusus untuk
penumpang yang ingin berjarak dekat, jadi harganya sama dengan tarif jauh.
b.
Ojek
Online sangat bergantung kepada sinyal dari smartphone, jadi jika sinyal lemah
dan tidak bisa membuka aplikasi maka Ojek Online tidak bisa beroperasi atau
mendapatkan penumpang.
c.
Ojek
Pangkalan hanya menunggu penumpang yang datang dan penumpang juga harus
mendatangi Ojek Online. tidak semua orang memiliki waktu untuk berjalan dan
mencari ojek pangkalan karena terlalu jauh dan kalaupun dekat mungkin ojek
pangkalan sedang mengantarkan penumpang lain.
d.
Ojek pangkalan tidak memiliki fasilitas yang
dimiliki oleh oleh ojek Online jadi penumpang lebih memilih ojek online. Karna
mereka hanya bermodal yang pas pasan seperti hanya motor saja maka mereka tidak
bisa untuk memenuhi fasilitas seperti ojek online.
3. Peluang
(Opportunity)
a.
Peluang
untuk mendapatkan penumpang lebih banyak karena sudah ada di setiap titik, ini
yang berpengaruh pada pendapatan ojek pangkalan karna mereka hanya menunggu
penumpang saja.
b.
Menciptakan
lapangan baru untuk ojek pangkalan
c.
Menjadikan
ojek online salah satu kebutuhan alternatif saat macet di jam jam sibuk pergi
ke kantor atau pulang dari kantor.
d.
Menciptakan
lapangan kerja baru untuk pengangguran dengan hanya bermodal motor dan sim C
4. Tantangan/Hambatan
(Threats)
a.
Banyak
ojek pangkalan yang melakukan tindakan kriminal karena ojek pangkalan kalah
saing dalam usaha
b.
Ojek
pangkalan melakukan blok jalan, seperti dilarang mengambil / meniki
penumpang di daerah khusus ojek
pangkalan
c.
banyak
terjadi kecelakaan karna ojek online mengendarai motor sambil membaca lokasi
calon penumpang dan itulah yang menyebabkan pengendara ojek online banyak
terjadi kecelakaan di jalan raya.
d.
Semakin
banyak ojek online yang baru yang lebih murah, menawarkan fasilitas yang
menarik, dan harga yang lebih murah dibandingkan dengan ojek online yang
sebelumnya
BAB
III KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
1.
Kesimpulan
a. ojek online dan ojek
pangkalan banyak yang bentrok karna rebutan calon penumpang.
b. tidak saling mengganggu
perkerjaan ojek satu sama lain.
c. ojek online lebih
berbahaya di jalan raya karena mengendarai sambil membaca smartphone untuk
mengetahui calon penumpang.
d. harus ada pihak yang
mengatasi atas ke kisruhan antara ojek online dan ojek pangkalan.
2.
Rekomendasi
a.
Sebaiknya
di adakan sosialisasi ojek online dan ojek pangkalan agar tsalah satu dari
mereka tidak merasa adanya persaingan yang ketat dan kalau perlu ojek pangkalan
di berikan masukan agar tidak bertindak semena-mena kepada ojek online karna
itu kemauan dari penumpang itu sendiri tanpa paksaan
b.
Ojek
online diberikan masukan agar mereka berhenti sejenak untuk mengetahui/membaca
alamat calon penumpang agar tidak menimbulkan kecelakaan atau hal yang
merugikan dirinya ataupun orang lain terutama penumpang.
Referensi
:
1.
Website
news.detik/berita/302533/ada-info-temanya-dipukuli-sejumlah-go-jek-datangi-polsek-kebayoran-lama.
2.
Website
news.okezone.com/read/2015/08/14/338/11966552/berbagai-ancaman-yang-dialami-ojek-online.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar